Kamis, 27 Desember 2012

DO MORE...


Pingin ngerasain dipukul ama orang buntung...
biar nggak ngerasain sakitnya dipukul karena sempet jengkelin orang,

Pingin ditendang ama orang pincang...
biar nggak ngerasain sakitnya ditendang karena
 diusir dari rumah,

Pingin dimarahin ama orang bisu...
Biar nggak ngerasain sakitnya ati karena nakal,

TIDAK ADA SESUATU YANG PRAKTIS
TIDAK ADA SESUATU YANG OTOMATIS

Berbicara mesin, bisa berjalan otomatis. Tidakkah kalian melihat bagaimana proses pembuatan mesin itu  menjadi barang otomatis sehingga bisa membantu meringankan beban manusia di seluruh dunia. Butuh proses bertahun-tahun untuk membuatnya.

Terkadang untuk mencapai sesuatu yang diinginkan, orang sudah merasa puas hanya dengan khayalan tingginya. Tidur di atas kasur, mata terpejam —bukan berarti tidur— dengan akal terus menggambarkan imajinasi dia. Dengan sedikit melebarkan bibir, tiga centi kanan kiri. Berkhayal sejauh apa yang dia bisa, mencapai titik kepuasan akal, merasa sudah memiliki harapan dan cita-cita tinggi. Ditambah iringan musik Balero, makin jadi deh dunia khayalnya.

Ooii bro bangun...
Soundtrack kaset rusak. Nggak tahu harus ngapain. Kebiasaan jelek sehari-hari tetap dilakukan. Jalannya hidup tanpa disertai target, tekad kuat dan langkah praktis.

Katanya pengen jadi pilot...
Katanya pengen jadi dokter...
Katanya pengen jadi arsitek...
Katanya pengen jadi.............

Eh, giliran dapat waktu luang, bengong di depan tv, nongkrong di depan laptop, oke aja kalau dibuat ngerjain tugas. Nyatanya main game. Seharian dihabisin buat fb-an, twitter-an. Menjalankan hidup mengalir apa adanya. Terus mengikuti ‘apa yang diinginkan’ tanpa berusaha melawan setiap keinginan jelek atau sia-sia yang sewaktu-waktu muncul. Itulah yang dinamakan keinginan yang tak sejalan dengan langkah praktis.

Atau jangan-jangan belum pernah ngerasain dikejar waktu karena nggak bisa ngatur waktu?

Waaa... TIDAKKK...sehari lagi ulangan. Aku belum belajar. Gimana dong...??? Aha, ambil jalan pintas!

Kalian pasti bisa menebak jalan pintas apa yang akan diambil. Sistem kebut semalam. Belajar seharian penuh sampai fajar keesokan hampir terbit. Berhasrat dapat nilai 9. Yang benar aja! Pelajaran yang diajarin guru selama setengah tahun mau dipelajarin cuma semalaman.

Selama minggu ujian berlangsung, sok keliatan sibuk belajar terus tiap hari tiap malam tiap jam. Oke, mungkin secara kasat mata dpermukaan terlihat rajin. Apakah iya? (geleng-geleng) Belum tentu!

Saya jadi teringat perkataan seseorang. Kurang lebih intinya seperti ini,

Terkadang seseorang terlihat sibuk disaat waktu mengejarnya,
Tapi justru dia tidak bisa memanfaatkan waktu disaat waktu luang.

Memang betul, justru tantangan yang harus dihadapi oleh seseorang adalah bagaimana ia bisa memanfaatkan waktu luangnya untuk mempersiapkan waktu sibuk yang sewaktu-waktu bisa menghampiri. Saat waktu luang datang, ia binggung apa yang harus dilakukan. Mentang-mentang tidak ada sesuatu yang dikerjakan, mending nonton tv, mending tiduran, mending fb-an, dan tetek bengek lainnya.

Seperti yang dikatakan dalam sebuah buku motivasi, apa yang Anda lakukan selama 17 tahun —jika saat ini Anda berusia 17 tahun pastinya— menentukan nasib Anda saat ini. Macam apa Anda saat ini ditentukan oleh 17 tahun yang telah Anda lalui. Jangan berharap ingin jadi dokter kalau tahun-tahun Anda tidak sejalan dengan impian menjadi seorang dokter. Atau jangan-jangan keinginan Anda hanya sekedar reputasi?

So, ramuan impian agar hidup, tambahkan tekad kuat, langkah praktis dan yang terakhir pastinya serahkan semuanya kepada Allah SWT. 

Banyaklah belajar dari kehidupan. -Justice Aidoru-

25-12-12/16:48/binggung ngapain, nulis aja deh!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar